Kamis, 02 Desember 2010

Cara Melindungi Komputer dari Keylogger

Banyak cara untuk melindungi komputer kawan-kawan dari serangan Keylogger.Arti Keylogger yang saya tahu adalah sebuah aplikasi yang dapat merekam semua penginputan atau kejadian-kejadian ketika menggunakan komputer.Seperti saat ini banyak diwarnet telah menanamkan Keylogger untuk merugikan langganan/clientnya sendiri (Gila bukan ????)

Keylogger tidak hanya dapat dijumpai diwarnet, ketika kawan-kawan sedang terhubung ke internet banyak aplikasi semacam ini berkeliaran di situs-situs tertentu.Apalagi ketika kawan-kawan sedang asik chatting dengan lawan chat, tiba-tiba muncul sebuah aplikasi aneh dalam bentuk file yang akan didownload.Mungkin gambaran tentang keylogger yang saya sampaikan ini sangat bermanfaat untuk kawan-kawan.

Untuk melindungi komputer dari Keylogger saya ada sedikit tips, sebagai berikut;
1.Anti Virus
Pilihlah salah satu Antivirus yang terbaik dalam menangani Virus/Spam/Malware atau handal dalam InternetSecurity.Dan rajin-rajinlah update Antivirus tersebut.
Saya rekomendasikan untuk hal seperti ini gunakanlah Software EsetNod32 (SmartSecurity)  tapi software ini sangat sulit didapatkan yang full version(bebas trial).Karena tim dari EsetNod32 ini sangat kreatif hingga software yang dibuatnya tidak gampang dimanipulasi / dimodif menjadi full version.
Sebuah Antivirus dapat dikatakan sempurna ketika aplikasi tersebut susah dijadikan Full Version(bebas trial).

2.Scan Online
Antivirus tidak menjamin akan keamanan tentang Keylogger.Pada dasarnya orang yang membuat Keylogger sangat kreatif menggunakan beberapa metode seperti hexing, binding, crypting dan teknik yang serupa untuk membuat lebih sulit untuk dideteksi oleh program antivirus.
Situs yang dapat digunakan adalah virustotal.com

3.Gunakan Software AntiLogger
Mungkin saya bantu sedikit tentang software Antilogger yang bisa dibilang handal dalam menangani Keylogger.Karena software yang saya tahu ini sudah tidak asing lagi diwarnet dan disitus download.
Sebut saja Zemana Antilogger dan KeyScrambler.
Untuk kawan-kawan yang mau mendownload software ini berikut saya kasih tempat downloadnya.
ZemanaAntilogger
KeyScrambler


Ternyata setelah dicermati, Keylogger lebih berbahaya dari pada Virus.Kenapa bisa tentunya keylogger bisa merusak database yang kita miliki.Tidak hanya sebuah akun yang dimiliki di internet.Tapi merusak sebuah system yang ada pada komputer/laptop juga.Mungkin sekian dulu tipsnya ...


Semoga bermanfaat ....